Bagi kamu yang berkecimpung di dunia bisnis atau pemasaran, pasti nggak asing dengan istilah B2B. Business to business atau sering disebut B2B adalah model bisnis yang transaksinya dilakukan antar bisnis, antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lainnya.
Model bisnis B2B berbeda dengan B2C. Keduanya juga memerlukan strategi pemasaran yang berbeda. Karena itu, ada istilah B2B marketing atau pemasaran B2B. Apa itu dan bagaimana strateginya? Yuk, simak penjelasannya!
B2B marketing adalah aktivitas pemasaran untuk memasarkan jasa atau produk ke perusahaan lainnya. Menurut Hubspot.com, B2B marketing adalah strategi pemasaran atau konten apapun yang diarahkan untuk bisnis atau perusahaan lain.
Target pasar dari B2B berbeda dengan B2C. Kalau B2C menargetkan konsumen secara individual, B2B menargetkan bisnis atau perusahaan lain sebagai konsumen. Karena itu juga, proses transaksi atau kerja sama yang dilakukan berlangsung lebih lama dibanding B2C.
Berikut adalah beberapa strategi pemasaran B2B yang bisa kamu coba
1. Email Marketing
Email marketing adalah cara untuk menjangkau konsumen atau bisnis lain secara personal. Berbeda dengan B2C yang mana konsumen cenderung merespons emosi, pelanggan B2B akan menggunakan logika dan mencari ROI positif. Seperti, seberapa bisa produk tersebut membantu pertumbuhan perusahaan, atau keuntungan apa saja yang bisa diperoleh perusahaan.
Karena itu, dalam menggunakan email marketing, pemasar harus fokus pada hal-hal yang penting bagi bisnis target pasar. Misalnya, waktu, uang, sumber daya manusia, dan lainnya.
Menurut data OptinMonster, 99% pengguna email mengecek kotak masuk mereka setiap hari. Mendekati target pasar menggunakan email marketing merupakan cara yang bisa kamu terapkan.